♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

BUPATI TEGAL TERIMA PENGHARGAAN APE TINGKAT MADYA TAHUN 2018

2018-12-19 16:36:57


Jakarta - Bupati Tegal Umi Azizah menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) hari ini (19/12) di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Selatan. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PPPA Yohana Susana Yambise disaksikan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Penghargaan yang menilai keberhasilan pembangunan dari kontribusi nyatanya terhadap penerapan dan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan (PP), perlindungan anak (PA), serta upaya pemenuhan hak anak ini diberikan ke sejumlah kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Tercatat ada 159 pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang menerima penghargaan APE ini dengan berbagai tingkatan, mulai dari pratama, madya hingga mentor sebagai tingkatan tertinggi. Khusus untuk mentor, penyerahan APE diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI.

Ditemui usai menerima penghargaan ini, Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan rasa senang sekaligus mengucapkan terima kasihnya kepada jajaran pemerintahan dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tegal. Ditanya soal faktor penentu keberhasilannya Umi menjelaskan bahwa semuanya tidak terlepas dari proses awal membangun kebijakan mulai dari yang spesifik gender, responsif gender hingga implementasi kebijakan pembangunan secara keseluruhan yang memberikan dampak berimbang di masyarakat sehingga tidak ada kesan diskriminasi pada perempuan.

Umi mengatakan, penilaian APE ini dilakukan sudah sejak lama. "APE sudah ada sejak tahun 2004 dan baru tahun ini kita berkesempatan meraihnya", katanya. Hal tersebut kata Umi tidak terlepas dari kerja kolaborasi semua pihak, kerjasama sinergi antara pemerintah, masyarakat juga kalangan dunia usaha. Sebelumnya kata Umi, pada pertengahan bulan November lalu di Semarang dirinya sempat memaparkan upaya pelembagaan PUG yang berkelanjutan melalui pengalokasiannya dalam APBD Kabupaten Tegal di hadapan verifikator PUG independen yang ditunjuk oleh Kementerian PPPA.

"Apa yang saya paparkan semuanya di cek oleh tim verifikator, datanya dan dokumen pendukungnya harus ada", katanya. Dari sini imbuh Umi, dirinya menyampaikan implementasi kebijakan strategis yang inovatif terkait PUG dan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di berbagai sektor pembangunan seperti optimalisasi ruang bermain anak di lingkungan TRASA sebagai ruang kreatif anak dan rekreasi keluarga, bekerjasama dengan sejumlah panti atau yayasan sosial untuk mengembangkan Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA), Program Lair Olih Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (LOAKK), Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat Desa Mandiri (PDPM-DM), pelatihan PUG, hingga membuka ruang konseling perlindungan perempuan dan anak sebagai bagian dari sinergitas pengarusutamaan gender, pemenuhan hak dan perlindungan anak, termasuk membuka kanal Lapor Bupati Tegal baik melalui SMS maupun Aplikasi Android sebagai sarana pengaduan masyarakat yang terbuka 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

"Dari sisi regulasi semuanya juga kita sampaikan, ada Perda, Perbup, surat keputusan bupati dan sebagainya yang memuat sisi jender hingga kinerja Pokja PUG dan keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)", kata Umi. Kemungkinan besar dari itu tambah Umi, Kabupaten Tegal dipandang layak mendapat APE. "Semoga capaian ini semakin memotivasi kinerja semua pihak dalam upaya mendorong kesetaraan gender, perlindungan perempuan, dan pemenuhan hak anak," ujarnya mengakhiri pembicaraan.

Turut hadir mendampingi Bupati Tegal pada acara ini adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal A. Thosim. Ditemui di tempat yang sama,Thosim menambahkan bahwa selain program inovasi dan jaringan kemasyarakatan yang sudah terbangun baik, komitmen kepala daerah dalam mengawal implementasi kebijakan PUG juga menjadi catatan tersendiri pada penilaian APE 2018 ini.  [Oka]

 

Berita Pilihan

Canangkan Zona Integritas, Polres Harus Siap Melayani Masyarakat

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Layanan Bermutu Cegah Praktik Korupsi

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tegal Teken Pakta Integritas

Slawi - Reformasi birokrasi sangat diperlukan di sebuah instansi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif dalam melayani masyarakat. Dengan demikian akan tercipta pelayanan publik yang memuaskan dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

SAKIP Pemkab Tegal Raih Nilai B

SLAWI - Untuk kali Pertama, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Tegal Tahun 2018 raih nilai B. Informasi ini disampaikan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah usai menerima Rapor SAKIP Tahun 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, Selasa(19/2) di Makasar.

Lantik Kades, Umi : Integritas Nomor Satu

Slawi - Integritas menjadi sebuah nilai yang harus dipegang setiap pemimpin. Pesan tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat melantik 75 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2018 di Pendopo Amangkurat, Kamis (7/2) pagi. Lewat sambutannya Umi mengatakan bahwa godaan terbesar pemimpin seperti Kades adalah fulus atau uang.

Berita lain

Tanggal berita : 2019-03-18 16:12:29

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menghimbau masyarakat Kabupaten Tegal untuk membayar pajak tepat waktu. Karena menurut Umi, peran pendapatan daerah dalam pembangunan tidak dapat dipisahkan. Disamping itu juga Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi tolak ukur kemandirian sebuah daerah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-18 16:15:00

SLAWI - Menteri Pemuda dan Olahraga RI H meminta kader IPNU IPPNU bisa menjadi Gedung Olahraga (GOR). Yakni IPNU IPPNU bisa menjadi wahana menggali dan mengembangkan bakat para pelajar NU.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-15 08:02:08

Semarang - Dalam upaya mewujudkan Smart Ekonomi City di Kabupaten Tegal, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie melakukan pertemuan dengan sejumlah provider seperti Biznet, Indosat dan Telkomsel. Dikatakan Ardie, bahwa dalam mewujudkan Kabupaten Tegal berbasis Smart Ekonomi City perlu adanya bantuan dari pihak swasta.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-14 16:28:26

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengingatkan kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam proses Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 mendatang. Karena menurutnya, pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini akan menentukan masa depan Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-13 15:50:31

Slawi -  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Lebih dari itu, juga berperan penting dalam bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan atau pelayanan informasi. Intinya, kehadiran pejabat ini mampu mendorong agar badan publik lebih terbuka dan transparan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-12 16:23:52

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:59:47

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi inovasi yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, kaitannya dengan proses uji kir kendaraan bermotor. Menurut Umi, dengan adanya Sistem Informasi Pengujian Kendaraan Bermotor Online atau disingkat Singkeren ini, dapat meminimalisir atau menekan kecurangan pungutan liar di dalam ketentuan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:57:50

Slawi - Sebanyak sepuluh orang masyarakat Kabupaten Tegal terima bantuan dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal. Pemberian bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah selaku Ketua Bazda Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-05 14:37:22

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-04 16:26:43

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) kepada 277 orang CPNS yang dinyatakan lulus seleksi pada formasi Tahun 2018.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017