♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Hari Ini, Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Tegal Resmi Dilantik

2019-01-08 08:45:08


Slawi - Setelah menuntaskan periode pemerintahannya selama tiga bulan menggantikan Bupati Tegal Enthus Susmono yang tutup usia pada bulan Mei 2018 lalu, Bupati Tegal Umi Azizah kembali dilantik Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari Selasa (8/1) ini di Semarang. Berbeda dengan pelantikan sebelumnya, pelantikan bupati perempuan pertama dalam sejarah pemerintahan Kabupaten Tegal ini merupakan hasil Pilkada Serentak Tahun 2018 lalu. Berpasangan dengan wakilnya, Sabilillah Ardi, Bupati Tegal Umi Azizah akan memimpin jalannya Pemerintahan Kabupaten Tegal untuk periode 2019-2024.


Sebelum berkecimpung di ranah politik, Umi lebih dulu mengawali kiprahnya dengan mendedikasikan diri aktif di organisasi kemasyarakatan perempuan Fatayat Nahdlatul Ulama (Fatayat NU) Kabupaten Tegal. Tercatat, selama dua periode, alumnus Fisip Undip ini terpilih menjadi ketua PC Fatayat NU, yaitu tahun 1987-1992 dan 1992-1997. Kepiawaian Umi memimpin organisasi ini juga tercermin lewat kepemimpinannya sebagai Ketua PC Muslimat NU Kabupaten dari tahun 2005 hingga sekarang. 


Sebagai pemimpin organisasi wanita terbesar di Kabupaten Tegal ini Umi tidak hanya aktif di kegiatan keagamaan, tapi juga fokus pada pembenahan dan penguatan manajemen organisasi hingga pemberdayaan ekonomi perempuan. Tak berhenti sampai disitu, wanita kelahiran 1960 ini selama menjabat sebagai wakil bupati juga dikenal aktif mengawal berbagai program sosial kemasyarakatan seperti penanggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, kebencanaan hingga pengarusutamaan gender dan perlindungan anak.


Sebagai wakil bupati, tidak sedikit prestasi yang ditorehkan Umi yang di masa remajanya diisi dengan berdagang dan membuat manisan buah, salah satunya adalah membidani lahirnya badan amil zakat di Kabupaten Tegal. Deretan prestasi Pemkab Tegal juga tidak terlepas dari tangan dingin Umi dan gaya kepemimpinannya yang mengayomi, sampai kemudian Umi dilantik menjadi Bupati Tegal tanggal 5 November 2018 meneruskan periode Enthus-Umi melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.33-7765 Tahun 2018, dimana untuk pertama kalinya pula Kabupaten Tegal meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 Tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di penghujung tahun 2018.


Atas dorongan tekad untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, tidak korupsi, juga ketulusan hatinya dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tegal yang lebih berkeadilan, perjalanannya menuju tampuk kepemimpinan melalui kontestasi Pilkada Serentak Tahun 2018 pun diraihnya dengan mudah, mendominasi hingga 71 persen suara sah.


Sama-sama diusung PKB dan didukung sejumlah partai lainnya, Umi kini didampingi Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardi. Sosok pria asli Lebaksiu ini merupakan cucu dari ulama ternama di Babakan, yaitu KH. Nasori. Kehadiran Ardi diyakini mampu menjadi daya tarik tersendiri dalam membina generasi muda. Alumnus Temple University Philadelphia Amerika Serikat ini sejak kecil memang lebih banyak menghabiskan masa sekolahnya di Kota Kembang Bandung. 


Selain pernah menjadi Tenaga Ahli DPR RI dan Staf Khusus di Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Republik Indonesia Tahun 2009-2014, Ardi juga memiliki usaha di bidang pengembangan teknologi informasi lewat perusahaannya PT. Mega Kapital Utama dan PT. Barari Utama Global. Hari ini, pria kelahiran tahun 1983 ini resmi membantu Bupati Tegal Umi Azizah menjalankan program pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024 untuk mencapai visinya menuju masyarakat Kabupaten Tegal yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia, dengan slogannya "mbangun berkah, gawe bungah".  [Oka]

 

Berita Pilihan

Canangkan Zona Integritas, Polres Harus Siap Melayani Masyarakat

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Layanan Bermutu Cegah Praktik Korupsi

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tegal Teken Pakta Integritas

Slawi - Reformasi birokrasi sangat diperlukan di sebuah instansi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif dalam melayani masyarakat. Dengan demikian akan tercipta pelayanan publik yang memuaskan dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

SAKIP Pemkab Tegal Raih Nilai B

SLAWI - Untuk kali Pertama, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Tegal Tahun 2018 raih nilai B. Informasi ini disampaikan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah usai menerima Rapor SAKIP Tahun 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, Selasa(19/2) di Makasar.

Lantik Kades, Umi : Integritas Nomor Satu

Slawi - Integritas menjadi sebuah nilai yang harus dipegang setiap pemimpin. Pesan tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat melantik 75 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2018 di Pendopo Amangkurat, Kamis (7/2) pagi. Lewat sambutannya Umi mengatakan bahwa godaan terbesar pemimpin seperti Kades adalah fulus atau uang.

Berita lain

Tanggal berita : 2019-03-18 16:12:29

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menghimbau masyarakat Kabupaten Tegal untuk membayar pajak tepat waktu. Karena menurut Umi, peran pendapatan daerah dalam pembangunan tidak dapat dipisahkan. Disamping itu juga Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi tolak ukur kemandirian sebuah daerah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-18 16:15:00

SLAWI - Menteri Pemuda dan Olahraga RI H meminta kader IPNU IPPNU bisa menjadi Gedung Olahraga (GOR). Yakni IPNU IPPNU bisa menjadi wahana menggali dan mengembangkan bakat para pelajar NU.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-15 08:02:08

Semarang - Dalam upaya mewujudkan Smart Ekonomi City di Kabupaten Tegal, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie melakukan pertemuan dengan sejumlah provider seperti Biznet, Indosat dan Telkomsel. Dikatakan Ardie, bahwa dalam mewujudkan Kabupaten Tegal berbasis Smart Ekonomi City perlu adanya bantuan dari pihak swasta.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-14 16:28:26

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengingatkan kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam proses Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 mendatang. Karena menurutnya, pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini akan menentukan masa depan Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-13 15:50:31

Slawi -  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Lebih dari itu, juga berperan penting dalam bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan atau pelayanan informasi. Intinya, kehadiran pejabat ini mampu mendorong agar badan publik lebih terbuka dan transparan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-12 16:23:52

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:59:47

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi inovasi yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, kaitannya dengan proses uji kir kendaraan bermotor. Menurut Umi, dengan adanya Sistem Informasi Pengujian Kendaraan Bermotor Online atau disingkat Singkeren ini, dapat meminimalisir atau menekan kecurangan pungutan liar di dalam ketentuan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:57:50

Slawi - Sebanyak sepuluh orang masyarakat Kabupaten Tegal terima bantuan dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal. Pemberian bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah selaku Ketua Bazda Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-05 14:37:22

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-04 16:26:43

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) kepada 277 orang CPNS yang dinyatakan lulus seleksi pada formasi Tahun 2018.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017