♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

DKPP GALAKKAN BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DAN PAYAU

2019-01-08 11:29:41


KET FOTO - Petugas DKPP Kabupaten Tegal tengah melakukan monitoring Demplot Pengembangan Lele Lahan Kering (Lelaki)


SLAWI - Mengantisipasi berkurangnya kewenangan Pemerintah Kabupaten Tegal dalam pengelolaan ruang laut sehubungan dengan pemberlakuan UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, maka Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal mulai beberapa tahun terakhir menggencarkan usaha budidaya ikan air tawar dan payau.

Kepala DKPP Kabupaten Tegal Ir Toto Subandriyo mengatakan, Kabupaten Tegal memiliki Perairan Umum dan waduk seluas 9287 hektar yang sangat potensial dikembangkan untuk usaha budidaya ikan air tawar. Selain itu Kabupaten Tegal juga memiliki lahan Budidaya Air Payau seluas 460 ha, serta tambak 425 ha

"Keseriusan upaya itu antara lain tercermin dari jumlah benih ikan yang telah ditebar (restocking) di perairan umum di Wilayah Kabupaten Tegal. Pada tahun 2018 lalu, misalnya, tidak kurang dari 2,49 juta ekor benih ikan air tawar dan payau dari berbagai sumber (APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN) sudah ditebar di perairan umum Kabupaten Tegal," katanya

Selain itu, lanjut Toto, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2018, DKPP Kabupaten Tegal telah melaksanakan petak percontohan (Demplot) budidaya Bandeng Semi intensif sebanyak 6 (paket) yang tersebar di 3 (tiga) desa yaitu Desa Padaharja dan Desa Kramat (Kecamatan Kramat), serta Desa Bojongsana (Kec. Surodadi). Demplot ini bertujuan untuk memperkenalkan teknologi budidaya yang diukur dari kepadatan tebar dan waktu pemberian pakan yang disesuaikan dengan umur ikan.

"Pelaksana demplot (Demonstrator) didampingi petugas selama satu musim untuk menerapkan demplot dengan rincian per paket terdiri dari: biaya persiapan lahan Rp 3,3 juta, benih bandeng (nener) 15.000 ekor, pakan pabrikan 1.700 kg, serta paket obat2an probiotik. Kondisi saat ini pada umumnya petak demplot tersebut siap dipanen, hanya di Desa Bojongsana karena terkendala musim kering yang panjang sehingga mengakibatkan kadar garam (salinitas) tinggi, berdampak pada mundurnya waktu tebar benih," paparnya

Berdasarkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan, secara umum hasil yang diperoleh dari demplot cukup memuaskan. Dilihat dari sisi waktu panen lebih cepat 1 (satu) bulan,  peningkatan produktivitas juga cukup signifikan berkisar 20-25 persen

"Upaya-upaya yang telah dilakukan itu akan digencarkan lagi pada Tahun 2019 ini. Bersumber dari APBD II Kabupaten Tegal rencananya tahun ini akan ditebar benih ikan (restocking) sebanyak 540.000 ekor terdiri dari beberapa jenis yaitu patin, karper, dan nila. Bukan hanya itu, potensi daerah di lahan kering juga akan digarap dengan demplot budidaya ikan lele dalam terpal atau dikenal dengan Budidaya Lele Lahan Kering (Lelaki)," imbuh Toto

Budidaya ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan stok populasi ikan di perairan umum, untuk melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan di perairan umum, untuk meningkatkan produksi ikan di perairan umum guna pemenuhan gizi bagi masyarakat, dan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat melalui diversifikasi usaha di bidang budidaya ikan.

"Pada saat ini animo masyarakat untuk melakukan budidaya ikan air tawar mulai meningkat. Hal ini terlihat dari makin banyaknya permintaan masyarakat terhadap benih ikan air tawar seperti benih ikan nila, lele, tawes, gurame, bawal, dan sebagainya," pungkasnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

Canangkan Zona Integritas, Polres Harus Siap Melayani Masyarakat

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Layanan Bermutu Cegah Praktik Korupsi

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Pemkab Tegal Teken Pakta Integritas

Slawi - Reformasi birokrasi sangat diperlukan di sebuah instansi guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, terbuka, akuntabel dan efektif dalam melayani masyarakat. Dengan demikian akan tercipta pelayanan publik yang memuaskan dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

SAKIP Pemkab Tegal Raih Nilai B

SLAWI - Untuk kali Pertama, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemkab Tegal Tahun 2018 raih nilai B. Informasi ini disampaikan langsung oleh Bupati Tegal Umi Azizah usai menerima Rapor SAKIP Tahun 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin, Selasa(19/2) di Makasar.

Lantik Kades, Umi : Integritas Nomor Satu

Slawi - Integritas menjadi sebuah nilai yang harus dipegang setiap pemimpin. Pesan tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah saat melantik 75 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Gelombang II Tahun 2018 di Pendopo Amangkurat, Kamis (7/2) pagi. Lewat sambutannya Umi mengatakan bahwa godaan terbesar pemimpin seperti Kades adalah fulus atau uang.

Berita lain

Tanggal berita : 2019-03-18 16:12:29

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menghimbau masyarakat Kabupaten Tegal untuk membayar pajak tepat waktu. Karena menurut Umi, peran pendapatan daerah dalam pembangunan tidak dapat dipisahkan. Disamping itu juga Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi tolak ukur kemandirian sebuah daerah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-18 16:15:00

SLAWI - Menteri Pemuda dan Olahraga RI H meminta kader IPNU IPPNU bisa menjadi Gedung Olahraga (GOR). Yakni IPNU IPPNU bisa menjadi wahana menggali dan mengembangkan bakat para pelajar NU.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-15 08:02:08

Semarang - Dalam upaya mewujudkan Smart Ekonomi City di Kabupaten Tegal, Wakil Bupati Tegal Sabilillah Ardie melakukan pertemuan dengan sejumlah provider seperti Biznet, Indosat dan Telkomsel. Dikatakan Ardie, bahwa dalam mewujudkan Kabupaten Tegal berbasis Smart Ekonomi City perlu adanya bantuan dari pihak swasta.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-14 16:28:26

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengingatkan kepada masyarakat untuk ambil bagian dalam proses Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 mendatang. Karena menurutnya, pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali ini akan menentukan masa depan Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-13 15:50:31

Slawi -  Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat. Lebih dari itu, juga berperan penting dalam bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan atau pelayanan informasi. Intinya, kehadiran pejabat ini mampu mendorong agar badan publik lebih terbuka dan transparan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-12 16:23:52

Slawi -  Wakil Bupati Tegal, Sabilillah Ardie menghadiri Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di Polres Tegal, Selasa (12/3) pagi. 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:59:47

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi inovasi yang diterapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal, kaitannya dengan proses uji kir kendaraan bermotor. Menurut Umi, dengan adanya Sistem Informasi Pengujian Kendaraan Bermotor Online atau disingkat Singkeren ini, dapat meminimalisir atau menekan kecurangan pungutan liar di dalam ketentuan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-11 13:57:50

Slawi - Sebanyak sepuluh orang masyarakat Kabupaten Tegal terima bantuan dari Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tegal. Pemberian bantuan ini langsung diserahkan oleh Bupati Tegal, Umi Azizah selaku Ketua Bazda Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-05 14:37:22

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah mengungkapkan bahwa muara dari zona integritas adalah layanan yang bermutu. Mulai dari perbaikan sistem dan tata kelola birokrasi, disamping itu manajemen sumber daya manusia , cara kerja yang efektif dan efisien, pengawasan dan pengendalian internal, transparansi dan peningkatan kualitas pelayanan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2019-03-04 16:26:43

Slawi - Bupati Tegal, Umi Azizah menyerahkan Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil (SK CPNS) kepada 277 orang CPNS yang dinyatakan lulus seleksi pada formasi Tahun 2018.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 11.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 27.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 19 Oktober 2017